Minggu, 28 April 2013

Bilangan Matematika


Macam-Macam Bilangan Matematika




Pasti banyak yang taukan bilangan-bilangan dalam Matematika? Nah kali ini itu kali ini saya akan sedikit mengusik masalah istilah/ pengertian dari beberapa macam bilangan yang sepele itu.

Logaritma


Logaritma


Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan.
Rumus dasar logaritma:


Mencari nilai logaritma:
Cara untuk mencari nilai logaritma antara lain dengan menggunakan:
* Tabel
* Kalkulator (yang sudah dilengkapi fitur log)

Himpunan


                                                MATERI HIMPUNAN

A. Dasar-dasar Himpunan

1. Pengertian Himpunan

Himpunan diperkenalkan oleh George Cantor (1845 – 1918), seorang ahli matematika Jerman. Ia menyatakan bahwa himpunan adalah kumpulan atas objek-objek. Objek tersebut dapat berupa benda abstrak maupun kongkret. Pada dasarnya benda-benda dalam suatu himpunan tidak harus mempunyai kesamaan sifat/karakter.

Sejarah Logaritma



                                                Sejarah Logaritma

          Sebenarnya, sebelum penemuan logaritma, orang telah lebih dulu menggunakan gagasan yang mendasari penelitian ilmu logaritma yaitu prosthaphaeresis, perubahan proses pembagian dan perkalian kepada penambahan dan pengurangan. Orang pertama yang memulai gagasan ini adalah Ibnu Yunus As-Sadafi al-Misri (950-1009) yang sezaman dengan tokoh optik dan geometri, Al-Haytsam atau Al-Hazen (965-1039), karena penemuannya terhadap hukum yang kemudian dikenal sebagai “Hukum Ibnu Yunus”, yaitu 2.cos x. cos y = cos (x + y) + cos (x – y). Aturan serupa juga digunakan oleh ViĆ©te, Werner, Pitiscus, dan Tycho Brahe. Lalu bagaimana Logaritma ditemukan ?

Pendekatan PMRI



                                             PMRI

A. Sejarah PMRI
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan adaptasi dari Realistic Mathematics Education (RME), teori pembelajaran yang dikembangkan di Belanda sejak tahun 1970-an oleh Hans Freudenthal.A. 

Pendekatan Kontekstual


                                       Pendekatan Kontekstual

      Pendekatan Kontekstual adalah konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
(PERTEMUAN PERTAMA) 

Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/ 1 
Mata Pelajaran : Matematika 
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan bentuk pangkat, bentuk akar dan logaritma dalam 
                                          pemecahan masalah. 
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan  
                                          dengan pangkat, akardan logaritma. 

Sabtu, 27 April 2013

Geogebra

Assalamuallaikum ukhty dan akhi :D

Alhamdulillah, kita bisa bertemu lagi. Kali ini saya mempostingkan media pembelajaran yang dapat membantu dalam pembelajaran matematika, media ini disebut  Geogebra. GeoGebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Geogebra ini bisa membantu kita dalam hal membuat grafik suatu fungsi dan kurva dan lain-lain. Jika ukhty dan akhi ingin mendownload bisa di klik  disini .

Selamat menggunakan, semoga bermanfaat :D

Selasa, 23 April 2013

Mickey and friends painting colourMath game


Hello adek adek , apa kabar nya ni ? semoga baik baik saja ya . J
oh ya, kalian sudah belum belajar operasi hitung, terus kalian suka juga gak sama pelajaran menggambar ?
kalo kalian sudah merasa pandai dalam berhitung, ini ni saya punya game, game mewarnai tapi sambil berhitung, kalian suka sama mickey mouse gak ? saya rasa, kalian pasti suka , terus pernah gak mewarnai mickey mouse ? mungkin ada yang sudah dan ada yang belum kan ? disini ni menguji kepandaian adek adek dalam berhitung dan mewarnai. Oh ya, tanpa basa basi lagi, langsung coba aja deh game nya  J
selamat mencoba :D




Senin, 22 April 2013

Lingkaran


LINGKARAN                                               

Dalam geometri Euklid,sebuah lingkaran adalah himpunan semua titik pada  bidang dalam jarak tertentu, yang disebut jari-jari, dari suatu titik tertentu, yang disebut pusat. Lingkaran adalah contoh dari kurva tertutupsederhana, membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.

Selasa, 16 April 2013

Prasejarah Matematika


Asal mula pemikiran matematika terletak di dalam konsep bilangan, besaran, dan bangun. Pengkajian modern terhadap fosil binatang menunjukkan bahwa konsep ini tidak berlaku unik bagi manusia. Konsep ini mungkin juga menjadi bagian sehari-hari di dalam kawanan pemburu. Bahwa konsep bilangan berkembang tahap demi tahap seiring waktu adalah bukti di beberapa bahasa zaman kini mengawetkan perbedaan antara "satu", "dua", dan "banyak", tetapi bilangan yang lebih dari dua tidaklah demikian.

MENGAPA MATEMATIKA ITU PENTING ???


         Setiap fakta kehidupan di bumi menggunakan Matematika dalam satu cara atau yang lain. Misalnya,ketika Anda mengendarai mobil, Anda menghitung kecepatan Anda dan berapa banyak mil Anda telah pergi. Menyeimbangkan buku cek Anda juga menggunakan matematika. Ya, bahkan musisi menggunakan matematika saat bermain instrumen mereka. Selain hal itu, matematika diperlukan di hampir setiap pekerjaan dari pekerjaan musim panas sekolah tinggi seperti kasir untuk arsitek, keterampilan matematika selalu diperlukan.

Kamis, 04 April 2013

Trigonometri

Assalamualaikum ya akhi dan ukhty :)

Kali saya akan memposting media pembelajaran berbentuk power point. Materi yang dibahas dalam media ini adalah menentukan nilai – nilai perbandingan trigonometri. Media pembelajaran ini saya buat dan desain sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah media pembelajaran berbasis ICT. Didalam media ini terdapat cara yang digunakan untuk menentukan nilai – nilai perbandingan trigonometri, terdapat juga contoh soal serta latihan soal. Saya harap media pembelajaran ini bisa membantu anda dalam mempelajari materi trigonometri


How to choose a text book on mathematics ???


I. Is a text book necessary for teaching mathematics?
1. A textbook is necessary for studying mathematics.
2. A good textbook is primarily made for students.
3. A good textbook is primarily made for teachers.
4. A textbook is made for teachers, students and parents (assistant) alike.
5. Textbooks should regularly be used during lessons.
6. A textbook should be supplemented by a collection of exercises, too.
7. A textbook should be supplemented by chapter test sheets, too.
8. Instead of a textbook, a series of textbooks is necessary
 (textbook, book of solutions, test sheet, collection of exercise, teacher’s book).