Sabtu, 08 Juni 2013

Web Based Lesson

Assalamualaikum ya akhi dan ukhty, apa kabar nya ? semoga baik – baik saja dan insya allah tetap istiqomah dijalan Allah swt. Aamiin :D
Oh ya, kali ini saya akan mempostingkan pembelajaran berbasis web. Pembelajaran ini sangat menarik karena menggunakan internet dalam pembelajaran matematika. Materi yang akan dipaparkan ialah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Seiring dengan perkembangan zaman, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar menjadi sesuatu yang penting. Maka dari itu, para pendidik dapat memanfaatkan internet sebagai sarana untuk proses belajar mengajar bagi peserta didik. Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika sub-bab Sistem Persamaan Linier Dua Variabel  di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama semester 1. Semoga bermanfaat :) 

Standar Kompetensi         :  Aljabar
  2. Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan  
    menggunakannya dalam    pemecahan masalah

Kompetensi Dasar               2.1 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
       berkaitan dengan system  Persamaan linier  dua   
       variable ( SPLDV )

Indikator Pembelajaran     :   2.1.1 Mendreskipsikan pengertian SPLDV.
                                                2.1.2 Menyelesaikan SPLDV dengan metode gabungan.
Alokasi Waktu                   :   2 x 45 menit (1 pertemuan)

     ATujuan Pembelajaran          :

1.                  Siswa dapat mendeskripsikan pengertian SPLDV.
2.                  Siswa dapat Menyelesaikan SPLDV dengan metode gabungan

B.        Materi Ajar                      :  SPLDV

          C. Metode Pembelajaran         :  Kooperatif menggunakan internet dan diskusi

            D. Kegiatan Pembelajaran       :

Tabel Kegiatan Guru dan Kegiatan Siswa dengan Web Based Lesson


No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.






Diawal pembelajaran, guru mengajak peserta didik menonton video pengenalan mengenai SPLDV yang masih berkaitan dengan SPLSV dan memberikan penjelasan mengenai video tersebut karena video tersebut dalam bahasa Inggris
Siswa diharapkan duduk manis dan berkonsentrasi sembari menonton video pembelajaran yang diputarkan oleh guru serta mendengarkan secara seksama penjelasan yang disampaikan oleh guru

2.










Guru membimbing peserta didik untuk menonton video lainnya yang masih berkaitan dengan SPLDV untuk menambah wawasan peserta didik yang berisi penjelasan lebih lengkap dan berdurasi kurang lebih delapan setengah menit dan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa lalu siswa pun diminta untuk menjawabnya video pembelajaran tersebut.
Siswa menonton video tersebut secara seksama dan sambil memikirkan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh guru






3

.

Setelah guru menjelaskan isi video yang telah ditampilkan, lalu guru mengajak para siswa untuk berdiskusi tentang pertanyaan – pertanyaan tadi.
Siswa pun berperan aktif dalam menjawab pertanyaan tersebut  ( berdiskusi ) berdasarkan apa yang telah didapat setelah menonton video tersebut.
4.

Guru mengajak siswa bermain kuis berkaitan dengan SPLDV secara individu
Siswa bermain kuis tersebut secara individu

5.


Para siswa membentuk  kelompok – kelompok kecil dan mengerjakan soal – soal dari alamat website yang telah diberikan.
Para siswa mengerjakan soal tersebut secara berkelompok.

6.


Guru memberikan alamat web yang berisi buku mengenai pecahan sebagai bahan belajar tambahan
Para siswa mencatat alamat web yang telah diberikan.

7.




Diakhir pembelajaran, guru mengajak para siswa untuk bermain game online yang berkaitan dengan SPLDV untuk memperkaya pengetahuan mengenai SPLDV
Para siswa memainkan game online  tersebut dan memberikan penjelasan mengenai game tersebut.



8

Dan yang terakhir, guru memberikan PR kepada siswa dan sebuah software atau aplikasi yang dapat memebantu siswa dalam menyelesaikan soal – soal yang berhubungan tentang SPLDV
Siswa menerima PR dan menggunakan aplikasi yang berikan guru untuk membantu dalam menyelesaikan soal – soal tentang materi SPLDV


Ø  Penjelasan dari Kegiatan Pembelajaran :

            Kegiatan pembelajaran dimulai dengan memanfaatkan video yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, dapat dilihat di link http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/pengenalan-spldv.html.  Video tersebut berisi tentang pengenalan SPLDV yang masih berkaitan dengan SPLSV.  Video itu berdurasi selama kurang lebih dua menit. Diakhir pemutaran video, guru bisa memberikan penjelasan kepada siswa agar lebih paham mengenai video tersebut karena video itu berbahasa inggris yang mungkin siswa kurang menegerti.
            Setelah mengajak siswa menonton video pengenalan yang berkaitan dengan SPLDV, guru dapat mengajak siswa melihat video yang lebih rinci dan mudah dimengerti mengenai konsep dari SPLDV itu sendiri serta memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan video tersebut untuk mengetahui pemahaman siswa. Jadi, selain menonton siswa juga diajak sambil memikirkan jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru. Siswa juga diharuskan berperan aktif di dalam kelas Video tersebut berdurasi kurang lebih delapan setengah menit dan dapat dilihat di  http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/spldv.html       Selama pemutaran video, guru menyuruh siswa untuk berkonsentrasi dan memperhatikan isi dari videonya tanpa bicara apapun, karena video tersebut berbahasa Indonesia maka siswa diharapkan sudah mampu dan mengerti tanpa dijelaskan oleh guru, tetapi setelah pemutaran video selesai, guru akan memberikan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan video tersebut.

Adapaun pertanyaan – pertanyaan nya yaitu :
1.      Apa saja yang kalian dapatkan setelah menonton video tadi ? jelaskan secara singkat, padat dan jelas !
2.      Apa yang dimaksud dengan SPLDV ?
3.      Tujuan memperlajari materi SPLDV ?
4.      Dalam kehidupan sehari – hari, apakah materi SPLDV ini hanya digunakan untuk transaksi jual beli ? jika iya atau tidak, berikan alasanmu !
5.      Apa yang dapat kalian simpulkan dari video tersebut?

    Lalu, siswa dapat bermain kuis secara individu berkaitan dengan SPLDV di website http://www.thatquiz.org/tq-e/math/fractions/reduce/.
            Setelah itu, siswa membentuk kelompok - kelompok dan setiap kelompok mengerjakan soal –soal sebanyak sepuluh soal  yang berkaitan dengan SPLDV di website http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/soal-kelompok.html
            Kemudian, sebagai referensi belajar, siswa diberikan materi dalam bentuk PDF dan kuis tambahan yang bisa dibuka di rumah mengenai SPLDV yang beralamatkan di http://asimtot.files.wordpress.com/2010/06/sistem-persamaan-linear-dua-variabel-dan-dalam-kehidupan-sehari-hari.pdf dan https://dl.dropboxusercontent.com/u/61513057/Book/BSE/Kelas%20VIII%2C%20Matematika%2C%20Dewi%20Nuharini.pdf  untuk materinya serta http://www.ixl.com/math/algebra-1/is-x-y-a-solution-to-the-system-of-equations untuk kuisnya.
            Setelah mempelajari materi aljabar ini, siswa dapat bermain berbagai kuis online. Berikut ini adalah situs yang dapat memperkaya pemahaman siswa mengenai SPLDV, yaitu  http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/gymkamath.html

            Dan diakhir pembelajaran, guru memeberikan PR kepada siswa yang beralamatkan http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/soal-pr.html dan memberikan sebuah software atau aplikasi yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal – soal SPLDV, adapun alamat software tersebut http://mathsyairozi.logspot.com/2013/01/sistem-persamaan-linear-dua-variabel.html

    E.     Media dan Sumber Belajar      :
             Komputer dan internet. Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di internet.
               
Selamat belajar dan semoga bermanfaat. J


0 komentar:

Poskan Komentar