Assalamualaikum
ya akhi dan ukhty, apa kabar nya ? semoga baik – baik saja dan insya allah
tetap istiqomah dijalan Allah swt. Aamiin :D
Oh
ya, kali ini saya akan mempostingkan pembelajaran berbasis web. Pembelajaran
ini sangat menarik karena menggunakan internet dalam pembelajaran matematika.
Materi yang akan dipaparkan ialah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Seiring
dengan perkembangan zaman, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar menjadi
sesuatu yang penting. Maka dari itu, para pendidik dapat memanfaatkan internet
sebagai sarana untuk proses belajar mengajar bagi peserta didik. Berikut ini
adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika sub-bab Sistem
Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama semester 1. Semoga bermanfaat :)
Standar
Kompetensi
: Aljabar
2. Memahami sistem persamaan linier dua variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan
masalah
Kompetensi
Dasar : 2.1 Menyelesaikan model matematika
dari masalah yang
berkaitan dengan system Persamaan linier dua
variable ( SPLDV )
Indikator
Pembelajaran : 2.1.1 Mendreskipsikan pengertian SPLDV.
2.1.2 Menyelesaikan SPLDV dengan metode gabungan.
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit (1 pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
:
1.
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
SPLDV.
2.
Siswa dapat Menyelesaikan SPLDV dengan
metode gabungan
B.
Materi
Ajar : SPLDV
C. Metode
Pembelajaran : Kooperatif
menggunakan internet dan diskusi
D. Kegiatan
Pembelajaran :
Tabel
Kegiatan Guru dan Kegiatan Siswa dengan Web Based Lesson
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
|
Diawal pembelajaran, guru mengajak
peserta didik menonton video pengenalan mengenai SPLDV yang masih berkaitan
dengan SPLSV dan memberikan penjelasan mengenai video tersebut karena video
tersebut dalam bahasa Inggris
|
Siswa diharapkan duduk manis dan
berkonsentrasi sembari menonton video pembelajaran yang diputarkan oleh guru
serta mendengarkan secara seksama penjelasan yang disampaikan oleh guru
|
2.
|
Guru membimbing peserta didik untuk
menonton video lainnya yang masih berkaitan dengan SPLDV untuk menambah
wawasan peserta didik yang berisi penjelasan lebih lengkap dan berdurasi
kurang lebih delapan setengah menit dan memberikan beberapa pertanyaan kepada
siswa lalu siswa pun diminta untuk menjawabnya video pembelajaran tersebut.
|
Siswa menonton video tersebut secara
seksama dan sambil memikirkan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan yang diberikan
oleh guru
|
3
.
|
Setelah guru menjelaskan isi video
yang telah ditampilkan, lalu guru mengajak para siswa untuk berdiskusi
tentang pertanyaan – pertanyaan tadi.
|
Siswa pun berperan aktif dalam
menjawab pertanyaan tersebut (
berdiskusi ) berdasarkan apa yang telah didapat setelah menonton video tersebut.
|
4.
|
Guru mengajak siswa bermain kuis
berkaitan dengan SPLDV secara individu
|
Siswa bermain kuis tersebut secara
individu
|
5.
|
Para siswa membentuk kelompok – kelompok kecil dan mengerjakan soal
– soal dari alamat website yang telah diberikan.
|
Para siswa mengerjakan soal tersebut
secara berkelompok.
|
6.
|
Guru memberikan alamat web yang berisi
buku mengenai pecahan sebagai bahan belajar tambahan
|
Para siswa mencatat alamat web yang
telah diberikan.
|
7.
|
Diakhir pembelajaran, guru mengajak
para siswa untuk bermain game online yang berkaitan dengan SPLDV untuk
memperkaya pengetahuan mengenai SPLDV
|
Para siswa memainkan game online tersebut dan memberikan penjelasan mengenai game
tersebut.
|
8
|
Dan yang terakhir, guru memberikan PR
kepada siswa dan sebuah software atau aplikasi yang dapat memebantu siswa
dalam menyelesaikan soal – soal yang berhubungan tentang SPLDV
|
Siswa menerima PR dan menggunakan
aplikasi yang berikan guru untuk membantu dalam menyelesaikan soal – soal tentang
materi SPLDV
|
Ø Penjelasan dari Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan pembelajaran dimulai dengan
memanfaatkan video yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel,
dapat dilihat di link http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/pengenalan-spldv.html.
Video tersebut berisi tentang pengenalan
SPLDV yang masih berkaitan dengan SPLSV. Video itu berdurasi selama kurang lebih dua
menit. Diakhir pemutaran video, guru bisa memberikan penjelasan kepada siswa
agar lebih paham mengenai video tersebut karena video itu berbahasa inggris
yang mungkin siswa kurang menegerti.
Setelah mengajak siswa menonton
video pengenalan yang berkaitan dengan SPLDV, guru dapat mengajak siswa melihat
video yang lebih rinci dan mudah dimengerti mengenai konsep dari SPLDV itu
sendiri serta memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan video
tersebut untuk mengetahui pemahaman siswa. Jadi, selain menonton siswa juga
diajak sambil memikirkan jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan yang
diberikan oleh guru. Siswa juga diharuskan berperan aktif di dalam kelas Video
tersebut berdurasi kurang lebih delapan setengah menit dan dapat dilihat
di http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/spldv.html
Selama pemutaran video, guru menyuruh
siswa untuk berkonsentrasi dan memperhatikan isi dari videonya tanpa bicara
apapun, karena video tersebut berbahasa Indonesia maka siswa diharapkan sudah
mampu dan mengerti tanpa dijelaskan oleh guru, tetapi setelah pemutaran video
selesai, guru akan memberikan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan
video tersebut.
Adapaun
pertanyaan – pertanyaan nya yaitu :
1. Apa
saja yang kalian dapatkan setelah menonton video tadi ? jelaskan secara
singkat, padat dan jelas !
2. Apa
yang dimaksud dengan SPLDV ?
3. Tujuan
memperlajari materi SPLDV ?
4. Dalam
kehidupan sehari – hari, apakah materi SPLDV ini hanya digunakan untuk
transaksi jual beli ? jika iya atau tidak, berikan alasanmu !
5. Apa
yang dapat kalian simpulkan dari video tersebut?
Lalu,
siswa dapat bermain kuis secara individu berkaitan dengan SPLDV di
website http://www.thatquiz.org/tq-e/math/fractions/reduce/.
Setelah itu, siswa membentuk
kelompok - kelompok dan setiap kelompok mengerjakan soal –soal
sebanyak sepuluh soal yang berkaitan dengan SPLDV di website http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/soal-kelompok.html
Kemudian, sebagai referensi belajar,
siswa diberikan materi dalam bentuk PDF dan kuis tambahan yang bisa dibuka di
rumah mengenai SPLDV yang beralamatkan di http://asimtot.files.wordpress.com/2010/06/sistem-persamaan-linear-dua-variabel-dan-dalam-kehidupan-sehari-hari.pdf
dan https://dl.dropboxusercontent.com/u/61513057/Book/BSE/Kelas%20VIII%2C%20Matematika%2C%20Dewi%20Nuharini.pdf untuk materinya serta http://www.ixl.com/math/algebra-1/is-x-y-a-solution-to-the-system-of-equations untuk
kuisnya.
Setelah mempelajari materi aljabar
ini, siswa dapat bermain berbagai kuis online. Berikut ini adalah situs yang
dapat memperkaya pemahaman siswa mengenai SPLDV, yaitu http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/gymkamath.html
Dan diakhir pembelajaran, guru
memeberikan PR kepada siswa yang beralamatkan http://lestarinurma.blogspot.com/2013/05/soal-pr.html dan memberikan sebuah software atau aplikasi yang
dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal – soal SPLDV, adapun alamat
software tersebut http://mathsyairozi.logspot.com/2013/01/sistem-persamaan-linear-dua-variabel.html
E.
Media dan Sumber Belajar :
Komputer
dan internet. Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di
internet.
Selamat belajar dan
semoga bermanfaat. J
1 komentar:
Lucky Club Casino Site | Up to £100 Welcome Bonus | Live Dealers
Lucky Club is an online casino that offers a range of sports and events that cater to sports punters in the UK. The site 카지노사이트luckclub is powered by Playtech and Rating: 4.7 · Review by Lucky Club
Posting Komentar